Resep dan Cara Membuat Asinan Buah Segar Sederhana Khas Bogor

Resep Asinan Buah Segar - Jajanan yang satu ini merupakan makanan yang memiliki cita rasa yang kuat dengan kombinasi rasa yang menyatu antara asam, manis, pedas dan asin.

Asinan buah, seperti namanya, merupakan makanan yang berbuat dari buah-buahan yang disajikan bersama dengan kuah yang memiliki perpaduan rasa yang kuat.

Kalian tentunya sudah tahu seperti apa rasa jajanan khas kota Bogor ini, namun mungkin sedikit bertanya-tanya, bagaimana sih caranya membuat asinan buah yang segar dan tentunya menyegarkan.

Nah, bagi kalian yang hendak membuat sendiri asinan buah di rumah, simak selengkapnya berikut ini ya!
Resep Asinan Buah Segar, Cara Membuat Asinan Buah Bogor
gambar : wego.co.id
Sebetulnya, cara membuat asinan buah Bogor sederhana sangatlah mudah dan tidak memerlukan bahan yang aneh-aneh.

Asinan buah dapat dibuat hanya dengan menggunakan satu macam bahan utama namun rasanya tetap enak.

Karena pada dasarnya asinan buah tidak memiliki bahan dan resep yang pasti, jadi semua bisa disesuaikan dengan selera dan ketersediaan bahan bakunya.

Kuncinya terletak pada bumbu kuah, sementara buah-buahan yang digunakan bisa menggunakan buah apa saja yang penting buah-buahan segar serta memiliki tekstur yang mengkal alias tidak lembek.

Dalam proses pembuatannya, asinan buah bisa dipersiapkan dalam waktu yang cukup singkat.

Namun agar bumbu bisa meresap kedalam buah maka asinan buah biasanya dibiarkan selama minimal semalam sehingga keesokan harinya bisa siap disajikan.

Asinan buah bisa saja kita sajikan sesaat setelah dibuat, rasanya juga tak kalah enak.

Untuk mendapatkan cita rasa yang maksimal, lebih baik jika asinan buah kita biarkan dulu semalaman sehingga rasanya lebih nikmat.

Resep Asinan Buah Segar Khas Bogor

Pada resep kita kali ini, kita akan menggunakan buah-buahan yang gampang diperoleh di pasar-pasar tradisional sehingga memudahkan dalam penyediaan bahan bakunya.

Namun kadang buah-buahan terkendala musim, untuk itu kita bisa menggunakan buah-buahan seadanya sehingga asinan buah bisa dinikmati kapan saja selagi kita sempat membuatnya.

Jika kebetulan buah-buahan sedang musim, maka kita bisa lebih leluasa untuk menentukan bahan-bahan buah yang akan kita gunakan.

Berikut ini bahan-bahan yang akan kita gunakan kali ini, bukan bahan yang pasti namun cuma sugesti dan selebihnya tinggal disesuaikan dengan selera masing-masing.

Bahan Resep Asinan Buah Segar

loading...
Resep dan Cara Membuat Asinan Buah Segar Sederhana Khas Bogor
4/ 5
Oleh