Bahan Resep Cilok Bandung Bumbu Kacang Sederhana

Bahan Resep Cilok Bandung Bumbu Kacang

Bahan Biang

  1. 250 gr tepung terigu
  2. 200 ml kaldu cair, klik DISINI untuk cara membuatnya
  3. 1 sdt garam
  4. 1 sdt kaldu bubuk
  5. 1/2 sdt lada bubuk
  6. air secukupnya

Bahan Adonan Cilok

  1. 250 gr tepung sagu
  2. 2 btg daun bawang, rajang halus
  3. 5 siung bawang putih, haluskan
  4. air untuk merebus
  5. 2 sdm minyak goreng
  6. 5 siung bawang putih, iris kasar

Bahan dan Cara Membuat Bumbu Kacang

Klik DISINI untuk bahan dan cara membuatnya.
Resep Cilok Bandung Bumbu Kacang, Cara Membuat Cilok Bandung Bumbu Kacang
gambar : cilokwarisanindung.wordpress.com

Cara Membuat Cilok Bandung Bumbu Kacang

  1. Sebagai langkah pertama, kita akan membuat adonan biang terlebih dahulu. Didihkan kaldu cair bersama dengan garam, kaldu bubuk dan lada bubuk.
  2. Kecilkan api. Masukkan tepung terigu kemudian aduk merata hingga tepung menggumpal dan membentuk adonan pasta berwarna agak transparan.
  3. Sesuaikan tekstur adonan dengan menambahkan air secukupnya sambil diaduk diatas api kecil. Adonan biang ini agak lembek tetapi tidak encer dan tidak bisa dituang. Sesudah itu, adonan biang kita angkat lalu diamkan beberapa saat hingga agak dingin.
  4. Setelah cukup dingin, masukkan daun bawang dan bawang putih halus. Aduk rata.
  5. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk. Uleni menggunakan tangan hingga adonan kalis dan bisa dipulung. Jika adonan lengket, cukup bersihkan saja menggunakan sendok.
  6. Bentuklah adonan cilok menjadi bulatan-bulatan, sesuaikan ukurannya dengan selera. Yang pasti jangan terlalu besar agar cilok lebih mudah matang. Jika suka, kalian bisa memberi isian seperti sosis, abon, bawang goreng bahkan daging ayam. Dan agar tidak lengket, taburi dulu telapak tangan dengan tepung sagu atau bisa juga diolesi minyak goreng.
  7. Sesudah dibentuk bulatan-bulatan, saatnya cilok direbus. Didihkan air yang agak banyak didalam panci, tambahkan 2 sendok makan minyak goreng agar cilok tidak saling menyatu setelah ditiriskan. Rebus cilok hingga mengapung, setelah itu angkat dan tiriskan. Dalam merebus tidak usah terlalu lama ya, yang penting cilok sudah mengapung berarti sudah bisa diangkat. Setelah itu cilok bisa dikukus atau bisa juga disimpan dalam lemari es untuk diolah sewaktu-waktu.
  8. Untuk menyajikannya, kukus cilok bersama dengan bawang putih yang diiris kasar. Kukus selama 15-20 menit atau hingga matang.
  9. Sajikan cilok bersama dengan bumbu kacang dan saus sambal.
Bagaimana, cukup mudah bukan? Cara membuat cilok Bandung bumbu kacang sebetulnya sederhana, namun untuk mendapatkan tekstur dan rasa yang sesuai dengan selera memang diperlukan tekhik dan pengalaman. Gagal dalam mencoba itu biasa, jika ingin berhasil maka diperlukan perjuangan yang cukup keras.

Tertarik mencoba resep cilok Bandung bumbu kacang ini di rumah? Selamat mencoba ya, dan tolong bantu share agar teman-teman yang lain bisa ikut bereksperimen di dapur!
loading...
Bahan Resep Cilok Bandung Bumbu Kacang Sederhana
4/ 5
Oleh