Resep dan Cara Membuat Cilok Bandung Bumbu Kacang Spesial

Resep Cilok Bandung Bumbu Kacang - Tentunya kalian sudah pada tahu ya, apa itu cilok dan seperti apa rasanya. Sedikit mengulas, cilok adalah jajanan rakyat yang terbuat dari campuran tepung tapioka dan tepung terigu. Cilok biasanya memiliki isian seperti daging ayam, daging sapi, bawang goreng, abon dan lain-lain. Cita rasa cilok memang lezat, disamping harganya yang murah meriah sehingga disukan oleh banyak kalangan baik orang tua maupun anak-anak.

Salah satu jenis cilok yang cukup populer adalah cilok Bandung. Jenis cilok ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan cilok-cilok lain pada umumnya. Hanya saja, cilok Bandung biasanya disajikan dengan bumbu kacang sebagai bahan pelengkapnya. Disinilah letak keunikan rasanya, cilok yang gurih berpadu dengan bumbu kacang yang memiliki cita rasa manis, pedas dan gurih.
Resep Cilok Bandung Bumbu Kacang, Cara Membuat Cilok Bandung Bumbu Kacang
gambar : cilokwarisanindung.wordpress.com
Seperti resep kita kali ini, kita akan mencoba membuat cilok Bandung. Cara membuat cilik Bandung bumbu kacang sebetulnya cukup mudah, hampir sama seperti membuat bakso atau siomay. Cuma berbeda dalam hal bahan utama saja. Karena cilok cenderung menggunakan lebih banyak tepung daripada campuran lainnya.

Pada resep kita kali ini, kita akan membuat cilok dengan dua kali proses pematangan yaitu direbus dan dikukus. Cilok kita rebus terlebih dahulu, proses ini bertujuan untuk memadatkan adonan cilok. Sampai disini, cilok sudah dalam keadaan setengah matang dan bisa kita angkat namun belum bisa disajikan. Cilok setengah matang ini bisa kita simpan di lemari es atau bisa juga kita kukus.

Jika ingin disajikan, maka cilok tinggal dikukus hingga matang. Lamanya waktu pengukusan bersifat relatif, tergantung besarnya bulatan cilok dan besarnya api yang digunakan untuk mengukus. Patokannya, cilok setengah matang memiliki tekstur yang cukup keras, sementara jika dikukus dan matang maka teksturnya menjadi lunak dan kenyal.

Resep Cilok Bandung Bumbu Kacang Spesial

Cilok Bandung menggunakan setidaknya dua jenis tepung yaitu tepung tapioka dan tepung terigu. Perbandingan yang kita gunakan adalah 1:1 sehingga takarannya seimbang untuk mendapatkan teksur yang empuk dan tidak terlalu alot. Tepung terigu kita jadikan sebagai bahan adonan biang, yang selanjutnya dicampur dengan tepung tapioka.

Agar lebih enak, cilok sebaiknya menggunakan kaldu cair yang bisa kita buat sendiri. Jika tidak ada, bisa juga diganti dengan air biasa dengan tambahan kaldu bubuk dan berbagai bumbu. Lebih praktis dan cepat, namun dengan rasa yang tidak kalah enak. Yuk simak bahan-bahan apa saja yang akan kita perlukan dalam resep kita kali ini.

Bahan Resep Cilok Bandung Bumbu Kacang

loading...
Resep dan Cara Membuat Cilok Bandung Bumbu Kacang Spesial
4/ 5
Oleh