Resep dan Cara Membuat Bumbu Kacang untuk Aneka Sajian dan Jajanan

Resep Bumbu Kacang - Saus kacang atau bumbu kacang merupakan salah satu saus yang bisa dibilang serba guna. Biasanya, bumbu kacang digunakan sebagai pelengkap sajian seperti siomay, batagor, otak-otak, cilok, sate dan masih banyak lagi aneka sajian lainnya. Bumbu kacang banyak disukai terutama karena rasa dan aromanya yang khas, menggugah selera serta tentunya murah meriah.
Resep dan Cara Membuat Bumbu Kacang
Resep Bumbu Kacang
Nah pada kali ini, kita akan membuat bumbu kacang spesial yang bisa kita gunakan sebagai pelengkap aneka sajian. Cara membuat bumbu kacang sangatlah mudah, namun memang ada tehniknya agar didapat cita rasa yang sesuai selera. Jika tehnik memasaknya tepat, bumbu kacang bisa bertahan cukup lama sampai berhari-hari. Apalagi jika disimpan didalam lemari es.

Hal pertama yang harus diperhatikan, kacang goreng yang kita gunakan harus benar-benar matang sehingga minim kadar air. Selain lebih renyah dan wangi, kacang goreng yang benar-benar matang bisa bertahan lama dan tidak cepat tengik. Demikian halnya jika dibuat bumbu kacang, bisa bertahan lebih lama meski di udara terbuka.

Hal selanjutnya adalah proses pemasakan bumbu kacang. Pastikan bumbu-bumbu yang kita gunakan ditumis sampai matang, tidak hanya sampai harum saja. Bumbu-bumbu yang matang betul bisa membuat saus/bumbu kacang bisa bertahan lebih lama, rasanya lebih enak dan juga aromanya lebih menggugah selera.

Dalam proses pemasakannya, bumbu kacang menggunakan gula jawa dan gula pasir. Gula tersebut kita karamelkan terlebih dahulu agar memiliki wangi yang khas. Gula kita masukkan setelah bumbu-bumbu ditumis, kemudian dibiarkan beberapa saat hingga gula meleleh, baru setelah itu kacang dimasukkan dan dituang air agar bumbu-bumbu bisa larut dan menyatu bersama dengan kacang. Masaklah bumbu kacang beberapa saat higga mendidih dan meletup-letup pertanda air sudah mulai menyusut.

Resep Bumbu Kacang untuk Aneka Sajian

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pilihlah kacang yang berkualitas. Jika menggunakan kacang yang dijual bersama kulitnya, sortirlah agar kacang yang bijinya jelek tidak ikut tergoreng. Biasanya biji kacang yang jelek seperti kisut atau bahkan bulukan berbau tengik dan bisa merusak aroma dan kualitas bumbu kacang.

Disini kita menggunakan asam jawa untuk menambah cita rasa biar ada segar-segarnya, untuk menggantinya kalian juga bisa menggunakan sedikit cuka. Tidak ditambahkan juga tidak apa-apa, namun biasanya menambahkan sedikit asam bisa membuat bumbu kacang lebih enak, tergantung selera. Berikut bahan-bahan lengkapnya

Bahan Resep Bumbu Kacang

loading...
Resep dan Cara Membuat Bumbu Kacang untuk Aneka Sajian dan Jajanan
4/ 5
Oleh