Resep dan Cara Membuat Kaldu Ayam Sederhana di Rumah

Resep Kaldu Ayam Sederhana - Di negara kita, ada beberapa jenis kaldu yang cukup populer seperti kaldu sapi, ayam, ikan, udang, jamur dan beberapa jenis kaldu lainnya. Namun diantara kaldu tersebut, kaldu ayam-lah yang paling banyak digunakan dan paling populer sebagai penyedap berbagai masakan. Dengan menggunakan kaldu, masakan memang memiliki rasa dan aroma yang lebih menggugah selera.
Resep Kaldu Ayam Sederhana, Cara Membuat Kaldu Ayam Sederhana
Resep Kaldu Ayam Sederhana
Nah, pada kali ini kita akan mencoba membuat sendiri kaldu ayam sederhana dari bahan-bahan yang juga sederhana. Cara membuat kaldu ayam sederhana memang mudah, namun walau begitu kita harus tahu tehnik membuat kaldu yang tepat agar didapat kaldu yang bermutu. Jika tehniknya kurang tepat, maka kaldu yang kita dapatkan bisa jadi tidak akan sesuai dengan keinginan. Disinilah pengalaman diperlukan.

Kaldu yang bermutu itu memiliki warna yang bening agak kekuningan namun tidak keruh atau tidak butek alias tembus pandang. Aromanya wangi dan tidak memiliki bau amis serta tidak mengandung lemak. Kaldu yang seperti ini merupakan kaldu yang berkualitas tinggi serta bisa bertahan lebih lama di lemari es.

Untuk membuat kaldu yang bermutu, yang perlu kita perhatikan adalah bahan-bahan yang kita gunakan. Pastikan tulang dan daging ayamnya dicuci bersih, terbebas dari kotoran yang menempel seperti sisa darah, lendir atau zat-zat pengotor lainnya. Untuk itu, pada tahap pertama tulang dan daging ayam kita rebus hingga mendidih dan berbuih. Setelah itu, buih dan air rebusan pertama ini kita buang dan kita ganti dengan air bersih. Tulang dan daging ayamnya juga kita cuci/bersihkan ulang.

Setelah semua tulang dan daging rebusnya bersih, maka kita bisa memulai memasak kaldunya. Tulang dan daging ayam kita rebus bersama dengan bumbu-bumbu seperti bawang bombay, bawang putih, daun bawang, jahe dan lengkuas. Bahan-bahan ini kita tambahkan untuk memperkuat rasa dan aromanya. Kita juga bisa merebus tulang dan daging ayamnya saja untuk mendapatkan kaldu murni tanpa bumbu-bumbu.

Jika semua persiapan telah siap, maka tulang dan daging ayam bisa kita rebus. Untuk mendapatkan kaldu yang baik, tulang dan daging ayam harus direbus selama minimal 3 jam diatas api kecil. Dengan api kecil, sari-sari tulang dan daging ayam akan keluar secara maksimal. Jika api terlalu besar, daging ayam malah akan hancur dan air cepat menyusut sehingga pembuatan kaldu tidak maksimal. Semakin lama waktu perebusan, maka kaldu yang kita dapat semakin baik.

Resep Kaldu Ayam Sederhana

Meskipun yang kita buat kali ini adalah kaldu ayam, namun cara ini juga berlaku untuk kaldu yang terbuat dari bahan lainnya seperti tulang/daging sapi, ikan atau udang. Jadi jika kalian hendak membuat kaldu yang berbeda, tinggal ganti saja bahan utamanya.

Bahan-bahan bumbu yang kita gunakan disini terbilang dasar, hanya untuk memperkuat rasa dan aromanya. Jika suka, kalian juga bisa menambahkan rempah-rempah, atau malah tidak menambahkan apa-apa untuk membuat kaldu murni. Berikut bahan-bahan yang kita perlukan kali ini untuk membuat kaldu ayam sederhana yang berkualitas.

Bahan Resep Kaldu Ayam Sederhana

loading...
Resep dan Cara Membuat Kaldu Ayam Sederhana di Rumah
4/ 5
Oleh