Resep dan Cara Membuat Kue Bawang Renyah dan Gurih Sederhana

Resep Kue Bawang Renyah dan Gurih - Kue bawang biasanya populer pada saat hari raya Idul Fitri sebagai menu cemilan dan 'pengisi toples'. Namun bagi para penggemar cemilan, kue bawang bisa jadi menu nyemil kapan saja selagi tersedia. Rasa kue bawang yang gurih dengan aroma wangi yang khas memberikan kelezatan tersendiri. Apalagi ditambah dengan teksturnya yang renyah bisa membuat penikmatnya sulit berhenti nyemil, hehe.
Resep Kue Bawang Renyah dan Gurih, Cara Membuat Kue Bawang Renyah dan Gurih
Resep Kue Bawang Renyah dan Gurih
Nah tahukah kalian, ternyata untuk mendapatkan tekstur kue bawang yang renyah itu ada triknya lho. Cara membuat kue bawang renyah dan gurih memerlukan sedikit ketelatenan agar didapat hasil yang sesuai dengan selera. Kunciya terletak pada saat membuat adonan serta pada saat proses menggoreng.

Proses pembuatan adonan kue bawang tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan mie. Hanya saja, adonan untuk kue bawang tidak diuleni hingga kalis dan alot. Jika terlalu kalis apalagi alot, maka kue bawang malah akan menjadi keras dan getas. Jadinya kurang mantap bukan?

Uleni adonan kue bawang pelan-pelan saja, yang penting adonan sudah tidak lengket ditangan. Jika masih tersisa gumpalan-gumpalan tepung, itu tidak apa-apa dan bisa hilang saat digiling nantinya. Setelah itu gilinglah adonan setipis mungkin untuk mendapatkan tekstur yang renyah.

Proses penggilingan adonan bisa dilakukan dengan menggunakan gilingan manual seperti botol atau gilingan kayu. Tapi prosesnya cukup merepotkan, apalagi jika kita membuatnya dalam jumlah yang cukup banyak. Gunakan gilingan pasta atau gilingan molen sehingga prosesnya lebih cepat, mudah dan praktis.

Setelah itu, adonan tinggal dipotong-potong sesuai selera untuk kemudian digoreng hingga matang. Gorenglah dalam minyak yang sudah benar-benar panas dengan api kecil dan jangan terlalu banyak memasukkan adonan agar suhu minyak stabil. Jika minyak kurang panas atau terlalu banyak memasukkan adonan, maka biasanya hasilnya menjadi kurang renyah dan minyaknya menempel di kue bawang.

Resep Kue Bawang Renyah dan Gurih

Untuk membuat kue bawang, kita cukup menggunakan tepung terigu serbaguna. Agar teksturnya lebih renyah, kita bisa menambahkan sedikit tepung tapioka pada adonan. Jumlahnya diperkirakan saja, untuk seperempat kilogram adonan cukup menggunakan 2 sendok makan saja.

Sementara untuk bawang merah, disini kita menggunakan sebanyak 50 gram. Jika ingin lebih berasa, maka kalian bisa menambahkannya lebih banyak. Bawang ini kita haluskan terlebih dahulu, bisa dengan cara ditumbuk atau diblender kasar. Jika menggunakan blender, usahakan agar tidak sampai terlalu halus agar bawangnya masih bertekstur.

Berikut bahan-bahan lainnya beserta cara membuatnya.

Bahan Resep Kue Bawang Renyah dan Gurih

loading...
Resep dan Cara Membuat Kue Bawang Renyah dan Gurih Sederhana
4/ 5
Oleh