Bahan Resep Kue Bawang Renyah dan Gurih Sederhana

Bahan Resep Kue Bawang Renyah dan Gurih

  1. 250 gr tepung terigu serbaguna
  2. 25 gr tepung sagu/tapioka (+/- 5 sdm)
  3. 50 gr bawang merah, haluskan
  4. 4 siung bawang putih, haluskan
  5. 1 btg daun bawang, iris sehalus mungkin
  6. 2 btg seledri, iris halus
  7. 1 btr telur, kocok lepas dengan 2 sdm air
  8. 1 sdt garam
  9. 1 sdt kaldu bubuk
  10. 1/2 sdt baking powder
  11. 2 sdm margarin
  12. minyak goreng secukupnya
Resep Kue Bawang Renyah dan Gurih, Cara Membuat Kue Bawang Renyah dan Gurih
Resep Kue Bawang Renyah dan Gurih

Cara Membuat Kue Bawang Renyah dan Gurih

  1. Satukan tepung terigu, tepung sagu, garam, kaldu bubuk dan baking powder, aduk rata.
  2. Masukkan bahan lainnya seperti telur kocok, bawang merah halus, bawang putih halus, daun bawang, seledri dan margarin.
  3. Aduk rata hingga adonan menggumpal. Uleni adonan perlahan-lahan saja hingga tidak lengket di tangan. Perlu diperhatikan, uleni adonan pelan-pelan saja jangan terlalu kuat dan jangan sampai kalis. Jika diuleni terlalu kuat dan kalis, maka hasilnya malah keras dan kurang renyah. Jika adonan masih meyisakan sedikit gumpalan-gumpalan tepung itu tidak apa-apa.
  4. Pipihkan adonan menggunakan gilingan pasta/gilingan molen. Proses ini juga sekaligus meratakan adonan yang menyisakan gumpalan tepung.
  5. Jika adonan sudah pipih, tinggal kita potong-potong sesuai selera. Adonan bisa dibentuk segi empat atau bisa juga dibuat lembaran-lembaran seperti mie.
  6. Selanjutnya, tinggal digoreng hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan.
  7. Angakat dan sajikan kue bawang dengan bumbu tabur, saus sambal atau dimakan langsung juga tetap enak, renyah dan gurih.
Nah bagaimana menurut kalian, ternyata cara membuat kue bawang renyah dan gurih itu tidak terlalu sulit bukan? Asalkan kita megetetahui tehniknya, maka kue bawang yang renyah bisa didapatkan tanpa harus ribet. Selain itu, tehnik menggoreng juga menentukan kerenyahan kue bawang ini.

Resep kue bawang renyah dan gurih sebetulnya tidak memiliki takaran yang pasti. Asalkan perbandingan jumlah bahan-bahannya tidak terlalu jauh berbeda. Jika sudah beberapa kali mencoba, maka kita bisa memperkirakan jumlah bahan dengan cepat tanpa harus menakarnya terlebih dahulu. Selamat mencoba ya!
loading...
Bahan Resep Kue Bawang Renyah dan Gurih Sederhana
4/ 5
Oleh