Bahan Resep Combro Isi Tempe Pedas

Bahan Resep Combro Isi Tempe Pedas

  1. 500 gr singkong muda
  2. 1 btg daun bawang, iris halus
  3. 3 siung bawang putih, haluskan
  4. 1 sdt garam
  5. 1 sdt kaldu bubuk

Bahan Isian

  1. 200 gr tempe, potong dadu
  2. 1 sdt garam
  3. 1 sdt kaldu bubuk
  4. 1/2 sdt gula pasir
  5. 1/2 sdt lada bubuk

Bumbu Halus Untuk Isian

  1. 6 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 10 bh cabe rawit
  4. 2 sdm udang kering
Resep Combro Isi Tempe Pedas, Cara Membuat Combro Isi Tempe Pedas
sumber gambar : tasting-diary.blogspot.com

Cara Membuat Combro Isi Tempe Pedas

  1. Kupas singkong kemudian cuci bersih. Parut singkong hingga halus, setelah itu peras kemudian endapkan airnya. Dalam air perasan singkong biasanya terdapat endapan berupa pati berwarna putih, satukan kembali pati dengan parutan singkong, sementara air perasannya buang saja.
  2. Masukkan irisan daun bawang, bawang putih halus, garam dan kaldu bubuk kedalam parutan singkong. Aduk rata dan sisihkan.
  3. Tumbuk tempe hingga halus. Tidak usah terlalu halus yang penting nantinya mudah untuk ditata sebagai isian combro karena jika kasar dan masih berbentuk butiran kacang kedelai biasanya agak susah ditata dan teksturnya kurang pas. Sisihkan dulu sementara.
  4. Tumis bumbu halus untuk isian hingga harum. Masukkan tempe yang sudah ditumbuk tadi kemudian beri bumbu-bumbu seperti garam, gula pasir, kaldu bubuk dan lada bubuk. Aduk rata.
  5. Beri sedikit air kurang lebih 2 sendok makan agar bumbu larut dan meresap. Masak beberapa saat hingga air menyusut dan tempe matang. Angkat kemudian biarkan hingga agak dingin.
  6. Ambil 1 sendok makan parutan singkong kemudian pipihkan dengan bentuk agak cekung. Beri isian diatasnya secukupnya kemudian kepalkan dan gulungkan menggunakan telapak tangan hingga membentuk bulatan agak pipih. Lakukan langkah ini hingga seluruh parutan singkong dan isian habis.
  7. Panaskan minyak, goreng combro hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  8. Sajikan combro isi tempe pedas selagi hangat bersama dengan saus sambal atau cabe rawit.
Nah bagaimana menurut kalian, cara membuat combro isi tempe pedas ini cukup mudah bukan? Memang memerlukan sedikit kesabaran dalam mempersiapkan bahan-bahannya, namun setelah itu prosesnya bisa dibilang menyenangkan. Ditambah lagi dengan rasa yang didapat sesuai dengan selera, pastinya rasa lelah bisa terbayarkan.

Selamat mencoba resep combro isi tempe pedas ini di rumah ya, dan selamat berkarya !
loading...
Bahan Resep Combro Isi Tempe Pedas
4/ 5
Oleh