Resep dan Cara Membuat Otak-Otak Ikan Tenggiri Bakar

Resep Otak-Otak Ikan Tenggiri Bakar - Otak-otak adalah olahan ikan yang memiliki cita rasa gurih dipadukan dengan saus kacang yang bercita rasa pedas dan sedikit manis.

Biasanya, otak-otak dijajakkan sebagai jajanan rakyat walau ada juga yang dijual di tempat-tempat yang berkelas sekelas resto.

Bagaimanapun penyajian dan tempat otak-otak dijual, yang pasti makanan ini memiliki nilai gizi yang cukup tinggi dan merupakan sumber protein karena berbahan dasar daging ikan.
Resep Otak-Otak Ikan Tenggiri Bakar, Cara Membuat Otak-Otak Ikan Bakar
Resep Otak Otak, Gambar: larasapempek.blogspot.com
Cara membuat otak-otak ikan bakar sebenarnya relatif mudah, daging ikan yang telah dihaluskan dicampur dengan berbagai bumbu beserta tepung sagu sehingga didapat adonan yang lembek namun tidak encer.

Untuk menghaluskan daging ikan, cara paling sederhana adalah dengan mengeroknya menggunakan sendok seperti mengerok daging kelapa sehingga didapat tekstur yang halus.

Untuk memudahkan, bisa juga dengan cara ditumbuk atau diblender perlahan-lahan.

Setelah adonan siap, barulah adonan dibungkus dengan daun pisang atau bisa juga menggunakan daun kelapa.

Sesuaikan saja dengan bahan yang terdapat di tempat kalian yang penting bahan untuk pembungkus otak-otak bersih dari bahan pengotor dan organisme berbahaya.

Sebagai tipsnya, isikan adonan sedikit-sedikit pada tiap bungkus adonan, tujuannya agar proses pemanggangan menjadi lebih cepat dan daun tidak gosong sebelum otak-otaknya matang.

Namun memang dengan cara ini kita harus membuat bungkusan yang lebih banyak.

Resep Otak-Otak Ikan Tenggiri Bakar Gurih Lezat

Disini kita menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya karena selain enak juga relatif murah dan mudah didapat.

Jika tidak suka ikan tenggiri, kalian bisa menggantinya dengan daging ikan lainnya yang berwarna putih seperti daging ikan kakap, bandeng, patin bahkan ikan lele.

Berikut bahan-bahan membuat otak-otak secara lengkap beserta cara membuatnya.

Bahan Resep Otak-Otak Ikan Tenggiri Bakar

loading...
Resep dan Cara Membuat Otak-Otak Ikan Tenggiri Bakar
4/ 5
Oleh