Bahan Resep Kaldu Ayam Sederhana Homemade

Bahan Resep Kaldu Ayam Sederhana

  1. 500 gr tulang ayam
  2. 100 gr ceker ayam
  3. 100 gr sayap ayam
  4. 1 bh bawang bombay, cincang dadu
  5. 5 siung bawang putih, geprek
  6. 3 btg daun bawang, rajang pendek
  7. 2 cm lengkuas, geprek
  8. 2 cm jahe, geprek
  9. air untuk merebus secukupnya
Resep Kaldu Ayam Sederhana, Cara Membuat Kaldu Ayam Sederhana
Resep Kaldu Ayam Sederhana

Cara Membuat Kaldu Ayam Sederhana

  1. Bersihkan tulang ayam, ceker dan sayap. Pastikan semuanya bersih dan terbebas dari kotoran yang menempel seperti lendir-lendir, tanah atau kerikil yang mungkin terbawa saat ayam dipotong. Cuci di air mengalir biar lebih bersih.
  2. Rebus tulang, ceker dan sayap ayam dengan api sedang hingga air mendidih. Setelah itu, matikan api. Perebusan ini bertujuan untuk membersihkan tulang dan daging ayam dari sisa darah, lemak dan kotoran yang mungkin masih menempel agar kaldu nantinya tidak amis. Jadi, cukup sampai mendidih saja, tulang dan daging ayam tidak perlu sampai matang dan empuk. Biasanya, air rebusan akan meninggalkan busa/buih dan sedikit keruh.
  3. Buanglah air rebusan tersebut, kemudian cuci lagi hingga bersih tulang dan daging ayam yang sudah kita rebus tadi.
  4. Siapkan panci bersih, usahakan gunakan panci yang agak tinggi daripada panci yang lebar. Taruh tulang dan daging ayam yang sudah kita cuci tadi bersama dengan bumbu-bumbu seperti bawang bombay, bawang putih, daun bawang, lengkuas dan jahe. Tuangkan air secukupnya hingga tulang dan daging ayam terendam kemudian tutuplah panci.
  5. Rebus tulang dan daging ayam dengan api kecil selama minimal 3 jam. Selama perebusan, cek panci apabila airnya berkurang maka tambahkan lagi hingga ayam terendam kembali. Selain itu, jika selama perebusan terdapat buih, maka buih harus dibuang. Setelah minimal 3 jam, jangan ditambahkan air lagi dan biarkan air kaldu sedikit menyusut. Jika pada saat pertama kita menggunakan 4 liter air, maka kaldu yang kita peroleh antara 2-3 liter termasuk penambahan air di tengah-tengah perebusan.
  6. Angkat rebusan ayam dan saringlah air kaldunya menggunakan saringan halus atau kain bersih. Biarkan hingga dingin.
  7. Setelah dingin, masukkan kedalam lemari es hingga lapisan kaldu dan lemaknya berpisah. Ambil air kaldunya dan pisahkan/buang lapisan lemaknya. Setelah itu kaldu siap digunakan.
Meskipun cara membuat kaldu ayam sederhana ini bisa dibilang mudah, namun memang memerlukan waktu yang cukup lama untuk membuatnya. Biasanya, orang jaman dahulu menggunakan arang kayu sehingga nyalanya lebih awet namun dengan panas yang pas seperti menggunakan api kecil, tidak berlebihan. Selain itu, aromanya juga dipercaya lebih wangi daripada menggunakan kompor.

Namun, untuk menyesuaikan dengan kondisi jaman, kita bisa membuatnya menggunakan kompor gas dengan api kecil. Lebih praktis dan hasil yang kita dapatkan tidak kalah lezat dan berkualitas. Bagaimana, kalian tertarik mencoba resep kaldu ayam sederhana ini di rumah? Selamat mencoba ya!
loading...
Bahan Resep Kaldu Ayam Sederhana Homemade
4/ 5
Oleh