Bahan Resep Tahu Isi Sayuran Pedas Sederhana

Bahan Resep Tahu Isi Sayuran Pedas

  1. 10 bh tahu kulit ukuran sedang, bisa juga tahu kopong
  2. 150 gr tepung terigu serbaguna
  3. 2 btg daun bawang, iris pendek
  4. 1 sdt garam
  5. 1 sdt kaldu bubuk
  6. air secukupnya
  7. minyak untuk menggoreng

Bahan Isian

  1. 5 lbr daun kol, iris halus memanjang
  2. 1 genggam toge
  3. 1 bh wortel, iris bentuk korek api pendek
  4. 1 sdt garam
  5. 1 sdt kaldu bubuk
  6. 1/2 sdt gula pasir
  7. sedikit air
  8. minyak untuk menumis

Bumbu Halus untuk Isian

  1. 6 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 10 bh cabe rawit merah
  4. 2 bh cabe keriting
Resep Tahu Isi Sayuran Pedas Gurih Sederhana, Cara Membuat Tahu Isi Sayuran Pedas Gurih Sederhana
Resep Tahu Isi Sayuran Pedas Gurih Sederhana

Cara Membuat Tahu Isi Sayuran Pedas

  1. Kerat/sayat tahu pada salah satu pinggirannya. Lakukan sedemikian rupa agar tahu tidak putus/terbelah. Perkirakan saja yang penting sayatan cukup untuk memasukkan isian nantinya. Sisihkan.
  2. Sekarang kita buat isian. Tumis bumbu halus untuk isian hingga harum. Masukkan sayuran seperti kol, toge dan wortel. Tumis beberapa saat kemudian tuangkan sedikit air.
  3. Bubuhkan garam, gula pasir, kaldu bubuk. Masak hingga sayuran agak layu dan air menyusut. Angkat dan biarkan hingga agak dingin.
  4. Ambil tahu, masukkan isian yang sudah kita tumis tadi kedalam sayatan yang kita buat sebelumnya di pinggiran tahu. Lakukan langkah tersebut hingga seluruh tahu diberi isian. Sisihkan dulu.
  5. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, irisan daun bawang, garam dan kaldu bubuk.
  6. Tuangkan air secukupnya kemudian aduk merata hingga membentuk adonan. Tekstur adonan yang ideal untuk lapisan kulit tahu isi adalah lembek namun tidak encer sehingga adonan tepung bisa menempel sempurna pada permukaan tahu.
  7. Celupkan tahu yang sudah diberi isian kedalam adonan tepung kemudian goreng dalam minyak panas dengan api sedang. Goreng hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat kemudian tiriskan.
  8. Sajikan tahu isi sayuran pedas selagi hangat bersama dengan saus sambal atau cabe rawit agar semakin nonjok pedasnya.
Resep tahu isi sayuran pedas sebetulnya tidak jauh berbeda dengan resep tahu isi biasa dengan isian reguler. Letak perbedaannya adalah terletak pada isian yang digunakan, karena tahu isi biasa biasanya hanya berasa asin/gurih tanpa tambahan cabai.

Sementara jika dilihat dari prosesnya, cara membuat tahu isi sayuran pedas memang memerlukan waktu yang sedikit lebih lama. Karena isian yang kita gunakan melalui tahap pemasakan yaitu dengan cara ditumis. Sementara tahu isi biasa isiannya bisa dimasukkan dalah keadaan mentah.

Bagi yang tidak mau ribet, sebetulnya bisa saja menggunakan isian dalam keadaan mentah seperti memasukkan potongan cabe rawit yang cukup banyak. Namun memang rasanya tidak seenak isian yang ditumis terlebih dahulu. Bagaimana, kalian tertarik untuk mencobanya?
loading...
Bahan Resep Tahu Isi Sayuran Pedas Sederhana
4/ 5
Oleh