Bahan Resep Hotang Sederhana (Kensos / Dokkebi / Hot Dog Kentang)

Bahan Resep Hotang Sederhana (Kensos / Dokkebi Hot Dog)

  1. 10 bh sosis ukuran sedang
  2. 150 gr tepung terigu
  3. 50 gr tepung maizena
  4. 150 gr kentang rebus setengah matang
  5. 1 btr telur ayam, kocok lepas
  6. 1 sdt kaldu bubuk
  7. 1/2 sdt garam
  8. 1 sdt gula pasir
  9. 1/2 sdt baking powder
  10. 100 ml air es
  11. minyak untuk menggoreng
  12. 10 bh tusuk sate

Topping

  1. saus tomat secukupnya
  2. saus mayones secukupnya
Resep Hot Dog Kentang, Cara Membuat Hot Dog Kentang, Resep Kensos, Cara Membuat Kensos
Resep Hotang / Kensos

Cara Membuat Hotang Sederhana (Hot Dog Kentang)

  1. Tusuklah tiap batang sosis menggunakan tusuk sate sehingga tusuk sate berfungsi sebagai pengangannya. Sisihkan dulu.
  2. Potong kentang rebus setengah matang dengan bentuk dadu kecil-kecil. Jika kalian memiliki kentang goreng beku, kalian bisa menggunakannya dan memotongnya menjadi bentuk dadu sehingga lebih praktis. Sementara sisihkan dulu.
  3. Di dalam wadah, satukan bahan kering seperti tepung terigu, tepung maizena, kaldu bubuk, garam, gula pasir dan baking powder. Aduk hingga merata.
  4. Masukkan telur kedalam campuran tepung tadi. Masukkan air es secukupnya sambil diaduk perlahan hingga membentuk adonan. Tekstur adonan hendaknya tidak terlalu encer dan tidak terlalu padat. Kekentalannya kurang lebih sedikit lebih kental dibandingkan adonan kulit tahu isi. Sehingga, adonan nantinya berfungsi sebagai perekat antara sosis dan kentang. Sisihkan adonan.
  5. Panaskan minyak yang banyak diatas api sedang. Gunakan minyak goreng yang agak banyak karena kita akan menggoreng dengan cara deep fry.
  6. Ambil satu batang sosis yang telah ditusuk dengan tusuk sate kemudian celupkan kedalam adonan tepung.
  7. Ambil satu genggam potongan kentang, kemudian kepalkan pada sosis yang telah terlumuri adonan sehingga potongan kentang menempel pada permukaan sosis.
  8. Goreng secepatnya dalam minyak panas sehingga seluruh hotang terendam minyak. Goreng hingga matang dan kentang berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat kemudian tiriskan.
  9. Sajikan hotang dengan saus sambal dan saus mayones. Nikmati selagi hangat.
Pada dasarnya, cara membuat hotang sederhana terbilang mudah dan simpel. Hanya saja, bagi yang pertama mencoba mungkin akan kesulitan menentukan tekstur adonan tepung sehingga didapat tekstur yang pas agar bahan-bahan bisa saling menempel. Setelah itu, hotang mentah harus segera digoreng, karena jika dibiarkan terlalu lama maka hotang bisa terburai.

Resep hotang sederhana ini merupakan adaptasi dari resep aslinya. Bahan-bahan yang digunakan kita sesuaikan dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Bagaimana,kalian tertarik untuk mencobanya?
loading...
Bahan Resep Hotang Sederhana (Kensos / Dokkebi / Hot Dog Kentang)
4/ 5
Oleh