Bahan Resep Tempe Mendoan Sederhana

Bahan Resep Tempe Mendoan Sederhana

  1. 2 papan tempe ukuran sedang
  2. 150 gr tepung terigu serbaguna
  3. 2 sdm tepung sagu/tapioka
  4. 2 sdm tepung beras
  5. 2 btg daun bawang (daun kucay / opsional), iris halus
  6. 1/2 sdt garam
  7. 1/2 sdt kaldu bubuk
  8. air secukupnya
  9. minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus

  1. 4 siung bawang putih
  2. 1 sdt ketumbar
  3. 2 btr kencur (opsional)

Bahan Sambal Kecap Pedas

  1. 5 sdm kecap manis
  2. 6 bh cabe rawit
  3. 1 siung bawang putih
  4. 1 siung bawang merah
  5. sedikit garam
Resep Tempe Mendoan Sederhana, Cara Membuat Tempe Mendoan yang Renyah Sederhana
Resep Tempe Mendoan  Sederhana

Cara Membuat Tempe Mendoan yang Renyah

  1. Potong tempe sepanjang kurang lebih 10 cm atau ukuran 4-5 jari. Biasanya untuk 1 papan tempe cukup untuk dipotong 2 bagian, setelah itu tinggal diiris setipis mungkin menggunakan pisau yang tajam. Cara mengirisnya yaitu dengan meletakannya diatas talenan kemudian sedikit ditekan menggunakan telapak tangan. Irislah dari samping, misal dari sisi kanan menuju ke kiri, hati-hati tangan jangan sampai terkena pisau. Jika sudah diiris tipis, sisihkan dulu.
  2. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, tepung tapioka dan tepung beras beserta garam dan kaldu bubuk. Aduk rata.
  3. Masukkan bumbu halus, irisan daun bawang dan air secukupnya. Aduk rata hingga membentuk adonan. Tekstur adonan yang ideal adalah tidak terlalu padat dan tidak terlalu encer sehingga jika tempe dicelupkan maka adonan bisa menempel pada tempe dengan mudah. Jika terlalu kental maka tempe akan sulit untuk dicelupkan sementara jika terlalu encer maka adonan tidak akan menempel dengan sempurna.
  4. Ambil beberapa lembar tempe yang sudah diiris, celupkan kedalam adonan  dengan cara dibolak-balik agar adonan tepung menempel sempurna.
  5. Setelah itu, goreng dalam minyak panas yang banyak hingga matang. Jika suka mendoan mentah ala Purwokerto, goreng hingga matang saja tanpa menunggu kering dan berubah warna menjadi kecoklatan. Sementara jika suka yang renyah, tinggal digoreng hingga garing. Angkat mendoan yang sudah matang kemudian tiriskan.
  6. Cara membuat sambal kecap. Haluskan cabe rawit, bawang putih dan bawang merah. Tidak usah terlau halus, kemudian beri kecap manis dan aduk rata.
  7. Sajikan tempe mendoan selagi hangat bersama dengan sambal kecap pedas.
Sebenarnya, baik cara membuat tempe mendoan yang renyah maupun yang empuk hanya memiliki sedikit perbedaan dalam hal bahan dan cara membuatnya. Semua hanya masalah waktu, karena jika ingin membuat mendoan yang renyah otomatis memerlukan waktu menggoreng yang lebih lama.

Jika dilihat dari sisi bahan dan resep tempe mendoan sederhana, antara daun bawang dan daun kucay bisa saling menggantikan mengingat keduanya memiliki kemiripan dalam bentuk maupun rasa. Perbedaa lainnya terletak pada kencur, dimana bisa digunakan bisa juga tidak, sesuaikan saja dengan selera. Selamat mencoba ya!
loading...
Bahan Resep Tempe Mendoan Sederhana
4/ 5
Oleh