Resep dan Cara Membuat Tempe Mendoan yang Renyah Sederhana

Resep Tempe Mendoan Sederhana - Tempe mendoan merupakan salah satu jajanan gorengan yang cukup populer disamping tahu isi. Makanan yang satu ini juga memiliki banyak penggemar terutama mereka yang 'doyan' jajan dan nyemil. Rasanya yang enak serta teksturnya yang pas di lidah membuatnya begitu populer di kalangan masyarakat.

Secara umum, tempe mendoan dibedakan menurut teksturnya yaitu ada yang renyah dan ada yang empuk. Keduanya memiliki bahan yang hampir sama hanya saja proses pembuatannya yang sedikit berbeda. Perbedaan tersebut memang karena versi mendoan di beberapa daerah memang berbeda.
Resep Tempe Mendoan Sederhana, Cara Membuat Tempe Mendoan yang Renyah Sederhana
Resep Tempe Mendoan  Sederhana
Pada dasarnya, cara membuat tempe mendoan yang renyah maupun yang empuk setengah matang tidak jauh berbeda. Semua hanya masalah waktu ketika mendoan diangkat serta versi kematangan menurut selera.

Untuk versi mendoan asal Purwokerto dan Banyumas, mendoan biasanya digoreng hingga tepung menggumpal / memadat dan setelah itu diangkat sebelum lapisan tepung berubah warna dan teksturnya menjadi garing. Sementara untuk versi lainnya, mendoan digoreng hingga memiliki tekstur yang renyah dan warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan.

Khusus untuk mendoan asal Purwokerto, biasanya didalam adonannya menggunakan kencur sebagai penanda cita rasa yang khas. Selain itu untuk menambah cita rasa juga digunakan daun kucay alih-alih daun bawang. Dan secara umum, rasanya juga agak berbeda dari mendoan pada umumnya namun tak kalah lezat.

Resep Tempe Mendoan Sederhana yang Renyah Maupun Empuk

Untuk resep kita kali ini, kita akan membuat mendoan dari bahan-bahan sederhana namun tak kalah lezat. Seperti mendoan pada umumnya, hanya saja cara menggorengnya saja yang disesuaikan dengan selera.

Jika kalian suka yang empuk setengah matang, maka tinggal diangkat sebelum mendoan garing. Sementara jika suka mendoan yang renyah, gorenglah hingga garing dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan.

Sementara untuk bahan-bahannya sendiri tinggal disesuakan dengan selera masing-masing selama bahan-bahannya tersedia. Jika kaian suka mendoan ala Purwokerto, maka kalian bisa menambahkan kencur dalam bumbu halus serta mengganti daun bawang dengan daun kucay. Atau kalian bisa juga memadukannya agar lebih lezat.

Berikut bahan-bahannya secara lengkap beserta cara membuatnya.

Bahan Resep Tempe Mendoan Sederhana

loading...
Resep dan Cara Membuat Tempe Mendoan yang Renyah Sederhana
4/ 5
Oleh