Resep dan Cara Membuat Combro Isi Tempe Pedas

Resep Combro Isi Tempe Pedas - Siapa sih yang tidak kenal combro atau comro. Makanan ini memang tetap eksis dari jaman dahulu hingga jaman sekarang. Entah karena makanan ini gampang dibuat atau memang karena penikmatnya yang tidak pernah surut sehingg eksistensinya tetap terjaga. Yang pasti, comro tetap menjadi jajanan yang sehat dan murah meriah.

Jika diihat dari asal katanya, comro dikenal sebagai jajanan yang berasal dari daerah Jawa Barat atau priangan. Seperti asal usul namanya, comro merupakan singkatan dari "oncom dijero" karena memang merupakan tumisan oncom yang dibalut dengan kulit yang terbuat dari singkong parut.
Resep Combro Isi Tempe Pedas, Cara Membuat Combro Isi Tempe Pedas
sumber gambar : tasting-diary.blogspot.com
Ya, bahan utama dari comro atau combro adalah singkong dan oncom. Singkong banyak terdapat di seluruh nusantara namun oncom terkadang cukup sulit didapatkan terutama di daerah pedesaan. Untuk itu, isian oncom biasanya diganti dengan bahan lainnya yang banyak tersedia seperti tempe.

Pada resep kita kali ini, kita akan mencoba membuat comro dengan isian tempe yang memiliki cita rasa pedas. Cara membuat combro isi tempe pedas tidak berbeda dengan combro yang memiliki bahan dasar oncom. Kita hanya mengganti oncom dengan tempe jika seandainya oncom sulit didapat.

Sebagai persiapan, langkah pertama adalah mempersiapkan singkongnya terlebih dahulu. Singkong muda kita parut hingga halus, setelah itu kita peras airnya hingga memiliki kandungan air seminimal mungkin. Jika tidak diperas, maka combro biasanya akan memiliki rasa sedikit pahit.

Air perasan singkong ini kita tampung untuk kemudian kita endapkan, kemudian pisahkan patinya dan satukan lagi dengan parutan singkong tadi. Sementara air sisa perasannya kita buang saja.

Selanjutnya,kita akan mempersiapkan isian untuk combro. Isian kita tumis terlebih dahulu sehingga bumbu-bumbunya lebih meresap dan berasa. Agar lebih lezat dan rasanya lebih mantap, kita buat isian dengan cita rasa pedas. Dijamin, combro akan lebih nikmat dan rasanya lebih nendang.

Setelah isian siap, barulah parutan singkong diberi isian dan dibentuk bulatan-bulatan. Setelah itu, combro bisa langsung digoreng hingga matang.

Resep Combro Isi Tempe Pedas

Untuk mendapatkan combro dengan tekstur yang empuk dan lezat, tentunya bahan baku singkong sangat berpengaruh. Pilihlah singkong muda yang masih segar dan memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Biasanya, singkong muda masih memiliki banyak pati sehingga hasilnya akan lebih empuk.

Ciri singkong muda yang memiliki banyak pati adalah berwarna putih pekat. Jika umbi singkong kita potong menggunakan pisau, maka setelah permukaan pisau tersebut mengering akan menyisakan warna putih yang menandakan banyak terkadung pati didalamnya.

Bahan Resep Combro Isi Tempe Pedas

loading...
Resep dan Cara Membuat Combro Isi Tempe Pedas
4/ 5
Oleh