Resep dan Cara Membuat Bubur Sumsum Hijau Sederhana

Resep Bubur Sumsum Hijau Sederhana - Bubur sumsum lebih dikenal sebagai jajanan tradisional yang eksis sejak jaman dahulu hingga sekarang.

Makanan yang satu ini adalah jajanan yang sehat karena bahan-bahan yang digunakan adalah bahan alami tanpa menggunakan bahan-bahan tambahan yang berupa bahan kimia.

Semua orang tahu bahwa bubur sumsum memiliki cita rasa yang enak dengan dominasi rasa manis dan gurih karena mengandung santan.

Bubur sumsum juga merupakan makanan yang mengenyangkan karena terbuat dari tepung beras sehingga mengandung banyak kalori.
Resep Bubur Sumsum Hijau Sederhana, Cara Membuat Bubur Sumsum Sederhana
Gambar : ncc-indonesia.com
Seperti kelihatannya, cara membuat bubur sumsum sederhana sangatlah mudah dan simpel.

Sebelum dimasak, tepung beras dibuat adonan terlebih dahulu bersama dengan santan sehingga membentuk adonan yang sangat encer.

Cara ini dimaksudkan agar tepung beras dapat tercampur merata bersama dengan santan sehingga tidak ada gumpalan tepung mentah saat dimasak.

Setelah itu, baru kemudian adonan dididihkan diatas api sedang sambil terus diaduk-aduk hingga menggumpal membentuk bubur yang kental.

Setelah dingin, bubur akan menjadi gumpalan yang bertekstur lembut.

Untuk mendapatkan warna hijau alami, bubur sumsum biasanya menggunakan daun suji sebagai pewarna alaminya.

Daun suji ini diremas-remas bersama dengan air sehingga keluar zat hijau daunnya, setelah itu barulah disaring agar airnya bersih dari serpihan sisa daun.

Bagi kalian yang lebih suka bubur sumsum dengan warna putih, maka prosesnya menjadi lebih gampang dan lebih singkat sehingga tidak perlu membuat air daun suji terlebih dahulu.

Resep Bubur Sumsum Hijau Sederhana

Dalam penyajiannya, bubur sumsum biasanya disajikan bersama dengan kuah/saus gula yang lazim disebut dengan kinca ditambah dengan santan.

Kinca ini terbuat dari gula jawa yang dididihkan bersama dengan daun pandan sehingga membentuk sirup kental dengan aroma pandan.

Dan karena dalam bubur sumsum yang kita buat telah mengandung santan, maka kita tidak perlu santan tambahan dalam penyajiannya.

Namun bila kalian lebih suka saus yang gurih, maka bubur sumsum bisa disajikan dengan kinca dan tambahan sedikit santan.

Berikut bahan-bahannya.

Bahan Resep Bubur Sumsum Hijau Sederhana

loading...
Resep dan Cara Membuat Bubur Sumsum Hijau Sederhana
4/ 5
Oleh