Bahan Resep Nugget Ikan Tenggiri Sederhana

Bahan Resep Nugget Ikan Tenggiri

  1. 250 gram daging ikan tenggiri
  2. 50 gr tepung sagu
  3. 50 gr tepung roti/panir kasar
  4. 150 ml santan kental
  5. 1 btr telur ayam, kocok lepas
  6. 1 btg daun bawang, iris halus
  7. 3 siung bawang putih, haluskan
  8. 2 cm jahe, haluskan
  9. 1/2 sdt lada bubuk
  10. 1/4 sdt pala bubuk
  11. 1/2 sdt kaldu bubuk
  12. 1 sdt gula pasir
  13. garam secukupnya
  14. minyak untuk menggoreng

Bahan Pelapis Luar

  1. 1 btr telur ayam, kocok lepas
  2. 50 gr tepung roti/panir kasar
Resep Nugget Ikan Tenggiri, Cara Membuat Nugget Ikan Tenggiri
Resep Nugget Ikan Tenggiri

Cara Membuat Nugget Ikan Tenggiri

  1. Haluskan daging ikan dengan cara mengeroknya menggunakan sendok. Jika ingin lebih cepat, kalian bisa memblendernya sebentar-sebentar agar tetap memiliki tekstur. Atau kalian bisa menumbuknya menggunakan lumpang kecil. Untuk proses yang satu ini sesuaikan saja dengan peralatan yang tersedia.
  2. Masukkan telur kocok kedalam daging ikan, berikutnya jahe halus, bawang putih halus, daun bawang, lada bubuk, pala bubuk, kaldu bubuk, gula pasir dan garam secukupnya. Tuangkan juga santan, aduk rata hingga membentuk adonan.
  3. Tuangkan tepung roti dan tepung sagu kedalam adonan dan aduk rata agar tidak menggumpal. Adonan nantinya bertekstur lembek namun tidak encer, jika terlalu encer tambahkan tepung sagu secukupnya.
  4. Tuang adonan kedalam wadah yang lebar sehingga ketebalan adonan menjadi kurang lebih 2-2,5 cm. Gunakan 2 wadah jika tidak mencukupi, yang penting adonan nantinya tidak terlalu tebal.
  5. Kukus adonan selama kurang lebih 15-20 menit atau hingga adonan menjadi padat dan tidak lembek seperti nugget mentah pada umumnya. Setelah itu, keluarkan nugget dari kukusan dan biarkan hingga agak dingin.
  6. Setelah dingin, potong-potong nugget sesuai selera. Kalian bisa membentuknya menjadi kotak-kotak atau menggunakan cetakan kue putri salju agar lebih menarik.
  7. Celupkan nugget kedalam kocokan telur kemudian gulingkan kedalam tepung roti hingga terselimuti seluruh permukaannya. Lakukan pada semua sisa potongan nugget.
  8. Taruh nugget kedalam lemari es di bagian penyimpanan daging selama kurang lebih 30 menit sampai 1 jam agar tepung roti bisa menempel dengan kuat dan tidak rontok saat digoreng. Nugget kini siap digoreng kapan saja.
  9. Untuk menyajikannya, goreng nugget hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan.
  10. Sajikan nugget hangat-hangat bersama dengan saus sambal.
Resep nugget ikan tenggiri ini dapat kalian aplikasikan pula pada bahan lain seperti daging ayam atau seafood lainnya selain ikan.

Dengan lebih banyak bereksperimen, kalian nantinya bisa lebih mahir dan bisa menemukan komposisi dan bahan yang pas sesuai selera.

Cara membuat nugget ikan tenggiri ataupun menggunakan bahan lain sebetulnya tidak jauh berbeda, alur proses pembuatannya juga masih sama.

Selamat bereksperimen...!
loading...
Bahan Resep Nugget Ikan Tenggiri Sederhana
4/ 5
Oleh